Wow!! Ini Dia Penemuan Terbaru, Balon Air 'The Ooho' Pengganti Botol Plastik


Air adalah sumber kehidupan semua bagi seluruh makhluk yang ada di Bumi. Air juga merupakan tanda adanya kehidupan makhluk bumi. Pada tubuh manusia terdiri dari 75% air, saking pentingnya air bagi kehidupan, manusia hanya bisa bertahan paling lama lima hari tanpa air. Maka dari itu manusia kurang lebih meminum 8 gelas air per hari. 

Biasanya dalam masyarakat air dikemas dalam botol plastik atau kaca, ini lebih memudahkan kita untuk membawanya kemana saja di dalam berpergian. Tapi banyak dari masyarakat setelah diminum airnya, botol plastik atau kaca dibuang begitu saja, tanpa memikirkan akibatnya. Sampah plastik atau kaca dapat membahayakan ekosistem, sebab sulit untuk terurai. Karena sulit terurai sampah itu akan menjadi limbah yang akan mencemari Bumi. 

Oleh karena itu, para peneliti di Skipping Rocks Lab di UK mengembangkan 'edible water ballooons' atau balon air untuk minum dan juga balon ini dapat dimakan. Kemasan balon ini menjadi pengganti botol plastik atau kaca untuk air minum. 

Balon ini diberi nama 'The Ooho', berupa bola yang berisi air minum. Jika dimasukkan ke dalam mulut seluruhnya akan pecah dan terasa seperti minum setengguk air. Balon ini memakai bahan dari algae atau rumput laut yang bisa dimakan dan ramah lingkungan. Kemasan ini lebih murah dari plastik.

Hebatnya, balon air ini tidak akan menjadi limbah, karena produk akan sepenuhnya terurai dalam 4-6 minggu jika dibiarkan tidak dikonsumsi.

Menurut crowdfunding (12/4), balon air sudah terisi air dan tidak perlu dikemas lagi atau dibungkus plastik. Cara konsumsi The Ooho cukup mudah, bisa dilubangi dan dihirup airnya atau langsung dimasukkan seluruhnya ke dalam mulut dan dimakan kemasannya.

Dilaporkan oleh laman Delish, Rabu (13/4), rencananya The Ooho ini akan mulai dikenalkan ke publik dalam acara festival yang akan hadir dalam kurun waktu 12 bulan mendatang. Semoga dengan tercipta balon air The Ooho bisa mengurangi pencemaran yang ada di Bumi ini. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKEMBANGAN TEORI ATOM BESERTA KELEBIHAN DAN KEKURANGANNYA

Lagu-lagu yang bikin semangat!!